Ketika Masa GCP Free Trial Habis (12 Bulan)

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah saya 12 bulan menggunakan Google Cloud Platform (GCP) Free Trial adalah pengalaman yang mengasikkan dan rezeki yang besar untuk saya secara pribadi. Pada tulisan ini, saya akan berbagi pengalaman ketika masa Free Trial GCP akan dan telah habis.

Manfaat yang saya dapatkan

Apa saja manfaat dan pengalaman yang saya dapatkan dari layanan GCP Free Trial ini? Ini beberapa hal yang menurut saya penting:

  1. Satu VM Instance (VPS) yang digunakan untuk website marketing saya dan juga blog ini.
  2. Satu VM Instance yang digunakan untuk riset, demo project open-source, dan demo prototype aplikasi (project) untuk klien.
  3. Beberapa kali deploy (dan destroy) Virtual Machine (VM) Instance untuk riset saat belajar install dan konfigurasi web server.
  4. Semua didapatkan gratis sekitar 11 bulan (secara efektif).
  5. Tidak ada charge ke kartu kredit.

Sekali lagi ini pengalaman yang sangat bermanfaat untuk saya pribadi.

Apa yang terjadi setelah 12 bulan?

Nah apa yang terjadi setelah 12 bulan Free Trial GCP ini habis? Secara umum teman-teman bisa membaca di Google Cloud Platform Free Tier FAQ ini. Tatapi saya akan saya ceritakan apa yang saya alami, sebagai gambaaran untuk tema-teman semua.

  1. 7 hari sebelum masa trial habis, kita akan mendapatkan email dari GCP sebagai reminder bahwa trial akan habis. GCP Remainder Email
  2. Ini kesempatan kita untuk melakukan backup dan download/migrasi semua website, database, demo project, konfigurasi DNS, dan file-file yang saya titipkan di VM Instance Google Cloud Engine (GCE).
  3. Tepat tanggal Free Trial habis, kita akan mendapatkan email lagi dari GCP, bahwa masa trial habis. GCP Trial End Email
  4. Ketika free trial habis, kita sudah tidak bisa mengakses VM Instance kita lagi, termasuk yang “always free” (I’m sorry, good bye…). GCP VM Empty
  5. Free Credit yang tersisa hangus, tidak dapat digunakan lagi.
  6. Selama 12 bulan pemakaian GCP, sesuai dengan pernyataan GCP di FAQ-nya, mereka benar-benar konsisten, tidak melakukan charge ke kartu kredit, sampai kita upgrade billing ke akun berbayar.

Tips untuk pengguna GCE Free Trial yang masih aktif

Beberapa tips saya bisa berikan berdasarkan pengalaman saya menggunakan GCP ini.

  1. Set reminder 1 bulan sebelum tanggal Free Trial expired, untuk antisipasi jika kita ingin pindah ke provider yang lain. Tanggal expired bisa dilihat di GCP Console, menu Billing. GCP Trial End Date
  2. Cari layanan VPS pengganti. Ada beberapa alternatif, akhirnya saya memilih Microsoft Azure.
  3. Persiapkan checklist, apa saja yang perlu dibackup/dipindahkan dari GCE yang masih aktif. Untuk memastikan tidak ada yang tertinggal saat proses migrasi/proses backup. Untuk saya kemarin, checklistnya kurang lebih ini:
    • Folder Project Web (tempat website dipasang).
    • Folder konfigurasi sites-available nginx.
    • Isi database MySQL dan PostgreSQL.
    • Cloud DNS Entry tempat saya mengatur domain dan subdomain yang saya pasang di GCP.
    • Folder repository git (bare) yang digunakan untuk git push langsung dari local PC langsung ke VM Instance.
    • Semua folder di-zip dengan timestamp, misalnya: web_2018-08-29.064600.zip, config_site_nginx_2018-08-29.064600.zip, dan seterusnya.
  4. Tutup/destroy VM-VM yang sudah tidak digunakan lagi, untuk minimalisir data tertinggal.
  5. Jika layanan VPS pengganti sudah siap, lakukan migrasi paling lambat 7 hari sebelum free trial habis.
  6. Pelajari cara transfer file antar server, untuk menghemat kuota internet (daripada kita download dulu dari GCE, lalu upload lagi ke VPS baru). Kalau saya kemarin menggunakan perintah scp untuk mengirim file ke server baru. Bisa lihat referensi di sini.

Note:
Tadinya saya berharap bahwa VM instance yang “Always Free” masih tetap dapat digunakan saat Free Trial habis, ternyata tidak bisa lagi. Semua layanan Always Free dapat diteruskan jika kita sudah upgrade billing. So, keep that in mind!

Penutup

Demikian teman-teman, semoga dengan artikel ini bermanfaat untuk teman-teman yang akan/sedang menggunakan Google Cloud Platform Free Account. Sebagai antisipasi ketika nanti masa trial akan habis.

Bagi yang belum tahu bagaimana cara mendaftar dan mendapatkan Free Credit Google Cloud Platform ini, silakan baca-baca artikel ini.

Terima kasih atas waktunya.

comments powered by Disqus