Cara Mendaftar Microsoft Azure Free Account

Bismillahirrahmanirrahim.

Microsoft Azure adalah layanan cloud yang dimiliki oleh Microsoft. Mirip seperti Google Cloud Platform, Azure memiliki banyak layanan, salah satu di antaranya adalah Virtual Machines, atau biasa kita sebut Virtual Private Server (VPS).

Pada artikel sebelumnya, saya cerita tentang rencana pindah layanan VPS dari Google Cloud Platform karena masa trialnya sudah hampir habis. Alhamdulillah sekarang sudah mendaftar dan pindah ke Microsoft Azure ini. Nah, kali ini saya mau share ke teman-teman tentang bagaimana cara mendaftar Free Account di Microsoft Azure ini.

Perhatian!

Sebelum teman-teman mendaftar, saya informasikan bahwa Microsoft Azure Free Account hanya berlaku 30 hari sejak pendaftaran. Setelah itu kita harus upgrade ke layanan berbayar. Lihat detailnya pada artikel ini.

Syarat Mendaftar Microsoft Azure

Untuk mendaftar, syaratnya kita perlu :

  1. Kartu Kredit yang masih berlaku.
  2. Nomor Hape aktif.
  3. Akun Microsoft/Live/Skype (bisa dibuat sekalian mendaftar Akun Azure).

Proses Mendaftar Microsoft Azure

  1. Kunjungi link pendaftarannya: https://azure.microsoft.com/en-us/free, kemudian klik tombol Start free.
  2. Kita akan menuju ke halaman login akun Microsoft. Silakan login ke akun Microsoft (atau buat akun jika belum ada). Microsoft Login Account
  3. Setelah login akun Microsoft, kita akan diarahkan ke halaman Azure free account sign up. Silakan isi Data Diri di sana.
  4. Pada bagian Identity verification by phone, silakan isi nomor telepon/Hp., tekan Text me. Nanti akan dapat SMS berisi nomor verifikasi. Azure sign up form
  5. Isikan data kartu kredit yang akan digunakan pada bagian Identify verification by card. Azure sign up card
  6. Lanjutkan ke bagian Agreement sampai selesai.
  7. Setelah berhasil mendaftar, kita mendapatkan halaman: You’re ready to start with Azure. Klik tombol Go to portal. Azure sign up card
  8. Tampil halaman Portal Microsoft Azure. Microsoft Azure Portal

Sip, sampai di tahap ini kita sudah sukses mendaftar di Microsoft Azure Free Account.

Penutup

Sampai artikel ini ditulis, saya sudah mencoba men-deploy satu Virtual Machine (VPS), caranya agak berbeda dengan membuat VM Instance di Google Cloud Engine. Selanjutnya insyaallah kita akan bahas cara men-deploy Free Account Virtual Machine (VPS yang gratis).

Btw jika teman-teman ingin coba daftar ke Google Cloud Platform dan dapat Free Credit $300 selama 12 bulan, bisa cek artikel ini: Mendapatkan Free Credit USD 300 untuk Google Compute Engine. Lumayan bisa digunakan untuk kebutuhan riset selama 1 tahun.

Terima kasih atas waktu teman-teman, semoga bermanfaat.

comments powered by Disqus