BAM Cargo Online

Nafies Luthfi bio photo By Nafies Luthfi

Project Summary

Tahun Kategori Project Klien
2017 Aplikasi Web PT. Borneo Arta Mandiri
Link Deskripsi Project
http://online.borneoartamandiri.co.id Sebuah Sistem ERP untuk perusahaan layanan Cargo dan logistik milik PT. Borneo Arta Mandiri

Project Detail

Aplikasi BAM Online adalah sebuah Sistem ERP untuk perusahaan layanan Cargo dan Logistik milik PT. Borneo Arta Mandiri yang dibuat untuk tujuan :

  1. Mengelola dan memonitor proses pengiriman barang/paket kiriman di setiap cabang.
  2. Mengelola dan monitor data-data penagihan/invoice kepada Customer/pelanggan.
  3. Pelaporan data penjualan dan berdasarkan Customer, Komoditas dan Kantor Cabang.
  4. Customer dapat melihat tracking resi pengiriman melalui website BAM Cargo http://www.borneoartamandiri.co.id.
Kelompok Pengguna/User Sistem

Sistem ERP ini ini akan digunakan oleh pegawai BAM Cargo dengan pengelompokan user berdasarkan kewenangannya di perusahaan :

  1. Admin, yaitu jenis user yang dapat mengelola seluruh data, melihat laporan, dan mengelola penggguna yang berhak mengakses ke sistem
  2. Akunting, yaitu jenis user yang dapat mengelola data-data customer, tarif khusus dan penagihan (invoice) dari BAM Cargo kepada Customer
  3. Sales Counter, yaitu jenis user yang menerima paket dari Customer dan melakukan entry Resi, serta melakukan serah terima paket dari kantor ke Gudang/Warehouse
  4. Warehouse, yaitu jenis user yang menerima paket dari Customer, melakukan entry Resi manual ke dalam sistem, dan pengiriman manifest paket ke cabang lain.
  5. Customer Service, yaitu jenis user yang melakukan update status paket kiriman dan menerima Resi kembali dari kurir maupun dari cabang lain
  6. Kurir, yaitu user yang bertugas untuk mendistribusi paket dari kantor cabang/warehouse ke alamat penerima.
  7. Kasir, yaitu user yag bertugas untuk menerima pembayaran invoice dari Customer untuk diinformasikan ke user Akunting.

Sehingga pada sistem ini terdapat perbedaan menu dan hak akses sesuai dengan kewenangan masing-masing kelompok user di atas.

Spesifikasi Sistem

Berikut adalah daftar pekerjaan yang diselesaikan pada project ini :

  1. Autentikasi (Login, logout, dan ganti password).
  2. Hak Akses Tipe User
    Hak Akses masing-masing jenis User : Admin, Akunting, Sales Counter, Warehouse, Customer Service, dan Kasir.
  3. Pengelolaan Resi
    User melihat daftar dan mengelola Resi yang telah di-entry ke sistem sesuai dengan kantor cabang tempat user bertugas. Fitur ini meliputi : Entry Resi, Pencarian Resi, Detail Resi, Cetak Resi, Cetak Label Koli, Edit Resi, Hapus Resi, Penomoran Resi Otomatis.
  4. Perhitungan Biaya Kirim
    Perhitungan biaya kirim otomatis ketika Resi di-entry oleh sales counter, berdasarkan Tarif Khusus, Berat, dan Jumlah Koli.
  5. Entry Koli Paket
    Input item/barang yang dikirim dalam satu resi untuk menghitung biaya kirim (jika di-charge per koli), cetak label koli, dan untuk Kalkulasi berat Volumetrik.
  6. Pengelolaan Manifest
    Pengelolaan manifest sesuai dengan kebutuhan proses pengiriman. Yaitu aktifitas : Serah Terima Warehouse, Pengiriman, Distribusi, Pengembalian Resi, dan Akunting. Di mana setiap Resi berpindah dokumen manifest, maka sistem akan mencatat progress pengiriman secara otomatis.
  7. Laporan
    Laporan adalah fitur yang hanya dapat diakses oleh admin dan user yang berwenang.
    • Laporan Penjualan Tahunan
    • Laporan Penjualan Bulanan
    • Laporan Penjualan Periode Tanggal
    • Laporan Penjualan per Cabang per Tahun
    • Laporan Penjualan per Komoditas Customer
    • Daftar Invoice Sedang Proses, Terkirim dan Sudah Dibayar
    • Laporan Daftar Resi Tertahan, Terlambat, Belum Kembali
  8. Data Customer
    Pengelolaan Data Customer untu melihat daftar Customer, detail Customer, daftar invoice yang sudah dibayar, daftar invoice yang belum dibayar, dan Suspend Customer
  9. Skema Tarif Khusus per Customer
    Menerapkan tarif khusus untuk Customer, per Kg dan per Koli.
  10. Data Wilayah
    Data Wilayah seluruh indonesia yang akan diberikan tarif pengiriman, hingga tingkat kecamatan.
  11. Pengelolaan Data Tarif Dasar dengan origin kota/kab. dan destinasi hingga tingkat kecamatan.
  12. Pengelolaan Data Kantor Cabang.
  13. Pengelolaan Unit armada operasional BAM Cargo per Kantor Cabang.
  14. Pengelolaan data Komoditas Customer.
  15. Penagihan/Invoice
    Pengelolaan invoice/penagihan kepada customer, Export invoice dalam bentuk format Excel, Pencarian Invoice, Penomoran Invoice Otomatis.
  16. Notifikasi User
    User yang bersangkutan mendapatkan notifikasi (pemberitahuan) ketika ada aktfitas tertentu dari User lain yang berhubungan dengan aktifitasnya (terutama saat proses pengiriman paket).
  17. Pengelolaan data User yang berintaraksi dengan sistem.
  18. Backup/Restore DB untuk pengelolaan backup dan restore database sistem.
  19. Integrasi Sistem dengan Website BAM
    Pembuatan API / Web Service untuk integrasi Sistem dengan Website BAM Cargo untuk Cek Tarif Pengiriman dan Tracking Resi untuk mempermudah Customer BAM Cargo dalam memantau proses pengiriman paketnya.
Screenshot
Login BAM Online Entry Resi Retail BAM Online Detail Resi BAM Online Cetak Cetak Resi 5 Rangkap BAM Online Daftar Resi Per Tanggal (Harian) BAM Online Daftar Manifest Distribusi Paket BAM Online Entry Tarif Dasar Pengiriman BAM Online Entry Resi Borongan BAM Online Daftar Invoice (berdasarkan btatus) BAM Online Cetak Invoice PDF BAM Online Detail Manifest Distribusi BAM Online Cetak Manifest Distribusi BAM Online