Free PMO - Aplikasi Management Project

Bismillahirrahmanirrahim.

Saya ingin share tool/software yang saya kembangkan untuk mempermudah pengelolaan project-project yang saya kerjakan. Nama nya Free PMO. Software ini membantu saya dalam mengelola project, membuat proposal pengajuan anggaran project, update progress task (tugas) dan job per project, serta mencatat pemasukan dan pengeluaran uang dalam project.

Free PMO Dashboard

Aplikasi ini dibuat dengan Laravel 5 ini awalnya hanya untuk tujuan mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran saja, agar saya tahu persis berapa profit/penghasilan yang saya terima dalam setahun (dalam bekerja sebagai Freelance Web Developer). Kemudian aplikasi ini terus saya kembangkan, sambil memanfaatkan waktu senggang, untuk mempermudah mencatat list item-item pekerjaan yang harus saya kerjakan, beserta detail checklist tugasnya.

Setelah mengembangkan dan menikmati sendiri sekitar 1 tahun, saya memutuskan untuk meng-opensource-kan aplikasi ini. Mungkin dapat bermanfaat bagi teman-teman developer/freelancer atau agensi yang masih belum ketemu tool yang pas untuk mengelola project-projectnya dalam satu aplikasi yang customizable sesuai kebutuhan.

Software ini juga dapat digunakan oleh perusahaan/lembaga/usaha yang memiliki layanan project based bagi pelanggannya. Misal seperti Developer Perumahan, Pengacara, Notaris, atau bisa juga digunakan oleh seorang Project Manager di sebuah perusahaan. Memang tidak semua fitur tersedia, tetapi setidaknya pengelolaan project secara umum dapat dilakukan dengan Free PMO. Dan sekali lagi, source code Free PMO tersedia gratis di github, siapa pun dapat mengembangkan sesuai kebutuhan.

Software ini free and open-sourced berlisensi MIT, yang intinya :

Pengembang (baca: saya) mengijinkan dan ridho jika aplikasi ini digunakan/dimodifikasi/distribusikan ulang untuk tujuan pribadi, instansi maupun komersil, dengan catatan file LICENSE di dalam project tidak diubah/dihilangkan.

Artinya saya mempersilakan teman-teman untuk menggunakan source code dan aplikasi Free PMO sesuai keperluan tanpa harus minta ijin atau membayar saya.

List fitur lengkap dan cara installnya dijelaskan dalam repo githubnya. Jika ada kendala dalam installasi, silakan diinformasikan.

Saya juga mempersilakan jika teman-teman ada yang ingin berkontribusi dalam mengembangkan project ini. Beberapa cara dan sarana kontribusi saya jelaskan pada file CONTRIBUTING di repository Project.

Btw, aplikasi ini dibangun dengan metode Test-driven Development, yang sudah kita ulas di banyak artikel pada blog ini. Mungkin bisa jadi salah satu referensi jika teman-teman ada yang mau menekuni metode TDD dalam pembangunan aplikasi dengan Framework Laravel.

Semoga manfaat yang saya dapatkan dari tool ini juga bermanfaat untuk orang banyak.

Terima kasih atas perkenan teman-teman.

comments powered by Disqus